Pengertian Overhaul

blogger

Sering kita jumpai di setiap perusahaan akan memperbaiki mesin produksinya setiap tahun atau berkala. Dari penggantian spartpart, pembaharuan mesin, maupun perbaikan. Tak heran perusahaan akan mengeluarkan banyak cost (pengeluaran) hanya untuk overhaul mesin produksinya. Di karenakan mesin tersebut memiliki lifetime (umur) sehingga mesin tersebut harus ada perawatan maupun perbaikannya.

Khususnya mengenai overhaul tersebut, akan saya jelaskan. Overhaul adalah perbaikan mesin/alat secara total yang dilakukan oleh perusahaan supaya kinerja mesin atau alat bekerja dengan baik seperti baru awal beli. Tetapi tidak baru juga, dikarenakan hanya beberapa komponen yang di perbaiki. Misalkan pabrik pembangkit listrik ambil saja contohnya PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas), dalam perusahaan tersebut terdapat Turbin (mesin yang digunakan untuk penggerak generator listrik). Perusahaan tersebut memiliki schedule yang telah di rencanakan yaitu setiap tahunnya akan dilakukan overhaul terhadap turbin tersebut, dengan nilai cost sekian. Dan didalam schedule tersebut apa yang harus ganti sparepart yang baru atau hanya di perbaiki dan juga perawatannya. Nah rinciannya tersebut hanya mengganti blade turbin, silincer turbin, dan burner turbin. Maka komponen yang lainnya hanya di lakukan perbaikan atau di bersihkan saja. Jadi overhaul tidak sepenuhnya mesin secara total di ganti baru, sama saja kalau semua ganti baru lebih baik beli baru.

Bagi anda yang belum tau, mungkin saja masih bingung karena belum pernah terjun ke lapangan. Karena dari sebuah pengalaman maka akan muncul  pengetahuan yang luar biasa yang tidak dimiliki orang lain.

3 Responses to "Pengertian Overhaul"